Selasa, 20 Juli 2010

Gathering Fiksimini Jogja

Berawal dari akun di Twitter bernama @fiksimini yg menyihir ribuan pecinta sastra, terbentuklah sebuah komunitas kecil-kecilan. Fiksiminier-begitu sapaannya, berusaha menjalin persaudaraan dengan mengumpulkan orang-orang kreatif itu dalam bentuk gathering. Digagas oleh para fiksiminier Bandung, tapi pada prakteknya, kami fiksiminier Jogja yg berkesempatan lebih dulu mengadakan gathering.

Tanggal 17 Juli 2010 jam 3 sore, di Own Cafe-daerah Sagan itulah gathering tersebut dilaksanakan untuk pertama kalinya.. Ini dia yg sempet datang di gathering Jogja :
@pramoeaga @asakecil @driveAnji @effendiharyo @juris_the_great @elnasinaga @angtekkhun @mikdad @ALDrahman @onyagrian @felixkriz @ekastri @rizkinasution @anginbiru



Bukan hanya dari Jogja aja, tapi yg berdomisili di liar kota, juga menyempatkan utk datang. Sebut aja @elnasinaga yg stay di Gresik, @rizkinasution yg juga sedang ada tugas di Pacitan, @asakecil langsung ke Own begitu mendarat di Jogja. fyi, dia stay di kalimantan, ada urusan di Jogja.. :) . dan tak kalah menariknya, mbak @ekastri berserta suami datang dari Semarang hanya utk sekedar ikut gathering. Thanks to all.. :)



Keberuntungan juga sedang berpihak pada kami. Setelah Anji Drive yg menyempatkan diri bergabung sebelum konser-berbagi cerita tentang fiksimini, tips, gosip, dan musik- mas @agus_noor selaku "bapak" nya Fiksimini juga menyempatkan datang, memberikan "kuliah sastra". Berikut catatan dari mas Agus :

1. Jgn pernah menyalahkan moderator kalau karya tidak di RT. Bocoran, moderator ternyata sering jadi sampah cacian.

2. Karya bagus »» Situasi marah. Tidak ada satu pun kata marah dalam karya tetapi pembaca tau ada amarah di situ.

3. Karya bagus »» tidak mudah dilupakan begitu saja, membekas dan terus membayang. Kesannya kuat.

4. Slma 4 jam ada 1000an karya yg masuk. Jk merasa karya Anda bagus jgn ragu posting 2x (Problem tekhnis moderator)

5. Moderator sering mengalami problem tehnis dan waktu. Jadi tidak di RT bukan berarti jelek.

6. Kebahagaiaan sejati seorang penulis adalah ketika ia berhasil menuliskan apa yg ingin ia tulis.

7. Kebanggaan mnjadi fiksiminier adlh ketika dia menulis apa yg ingin dia tulis. Bukan apa yg orang lain ingin baca.

8. Fiksimini sekali duduk adalah fiksimini yang dibaca --> tertawa --> lupa. Tidak berkesan.

9. Menulis hanya utk diRT, tdk akan membuat bahagia si penulis

10. Retweet hanya bonus!









Selama lebih kurang 4,5 jam banyak sekali pelajaran, khususnya pengetahuan tentang sastra yg didapat dari gathering fiksimini ini-disamping jalinan pertemanan baru. Ada satu hal lagi, kami tak hanya membawa ilmu tapi juga souvenir dari @angtekkhun : sebuah buku berjudul "Makan Tuh Cinta" .. Great ! :)



Bukan tanpa maksud Koh Khun memberikan buku itu. Seperti yg dikutip dari postingannya di Twitter utk saya :

@angtekkhun :Gift utk stiap peserta gatheringJogja kemaren bknlah tanpa maksd. Itu hsl karya komunitas blogger saat blog lg booming @pramoeaga dkk

@angtekkhun : Kini komunitas blogger tak trdengar grgetnya lg. Tp buku itu mjd sksi bisu. Apkh Twitter & (nulis) fikmin jg sbg tren sesaat? @pramoeaga dkk

Sebuah PR besar untuk kita, fiksiminier !!

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me